Maksimalkan KeUnikanmu !!!

Maksimalkan KeUnikanmu !!!

Tidak ada manusia yang dilahirkan sama. bahkan bayi kembar identik yang dilahirkan, pasti ada perbedaan dan keunikan khas yang dimiliki olehnya. Wajah boleh mirip, bahkan serupa. Namun memiliki karakter yang berbeda. Hobi bahkan bisa serupa, namun bakat dan keinginan belum tentu sama. Itulah setiap manusia memiliki keunikan dan ke khas-an masing-masing. Luar biasa Tuhan yang menciptakan kita. Bermilyar manusia yang hidup di jagad raya ini ternyata memiliki diferensiasi terhadap manusia lainnya.

Penulis:
Andri Robiyana, SE, MM
Rubrik Socio & Technology Learner

Suatu ketika diadakan Konferensi Tinggi Tingkat (KTT) ’Dunia Organ’ untuk membicarakan bagian apa yang lebih penting dari tubuh manusia karena ada bagian tubuh yang iri dengan tubuh lainnya. Maka semua dipersilahkan bicara dan diputuskan dari atas ke bawah.

 Kepala : ”Hadirin sekalian, perkenalkan saya kepala, bagian paling atas dan terpenting dari organ manusia. Aku merefleksikan identitas seseorang. Akulah yang paling penting karena di kepala tempat otak berada. Tanpa otak, manusia ibarat robot statis yang berjalan hanya seperti settingan perintah. Di kepala juga ada bagian tubih yang vital seperti mata, mulut, hidung dan telinga, mereka tidak berfungsi kalau tidak berada di kepala.”

 Lalu bagian tubuh lain secara bergantian menyangkal klaim bagian tubuh lainnya.

”Intrupsi! Intrupsi! Pimpinan KTT Yang Terhormat, saya tidak setuju dengan apa yang dikatakan oleh kepala.” satu persatu bagian organ dipersilakan mengemukakan pendapat oleh Pimpinan KTT

Mata : Meski aku numpang di kelapa, tapi mata tetap paling vital. Tanpa mata dunia ini gelap gulita.
Telinga : Aku juga paling penting, tanpa telinga dunia ini sunyi
Mulut : Tanpa mulut manusia tidak bisa makan.. tanpa mulut manusia tidak bisa bicara. Jadi mulutlah yang paling penting.

 Organ tubuh lainnya juga tidak mau kalah, maka merekapun dengan semangat menimpali

 Tangan : hey kalian jangan sok penting... tanpa tangan manusia tidak bisa memegang apapun, tidak bisa memasukkan makanan ke mulut... Jadi tanganlah yang paling penting bagi manusia
Kaki : Semua salah... tanpa kaki manusia menjadi orang cacat yang hanya bisa duduk dikursi.. tidak bisa bepergian. Jadi kaki yang paling penting bagi manusia.

Setelah terjadi debat yang sangat alot akhirnya terjadi deadlock... Tidak ada yang menang dan setelah votingpun tidak bisa diambil keputusan krn semua organ memilih dirinya sendiri.

Namun, ada satu organ  tubuh manusia yang abstein. Organ ini sadar tugasnya hanya untuk membuang kotoran manusia.... pasti yang lain akan tertawa jika ia bilang bahwa ia paling penting, menyebut namanya saja bisa dikatakan tidak sopan dan harus bilang maaf. Organ ini disebut ”maaf” dubur atau ”maaf” lubang pantat.. . Maka ia menjadi sedih sekali karena tidak bisa ikut pemilihan siapa paling penting seperti organ tubuh lainnya. Kerena kesedihan yang sangat dalam mengakibatkan ia  tidak mampu lagi melakukan tugasnya...  Tidak ada yang peduli tentang kesedihannya... yang lain tetap memikirnya dirinya sendiri

Sehari berlalu dan tidak ada masalah apapun. Manusia beraktifitas seperti biasanya. Di hari kedua perut mengeluh, bahwa ia mulai kembung karena sudah dua hari tidak buang air besar. Hari ketiga si perut makin tersiksa karena isinya makin penuh... dan manusia kehilangan selera makan saat merasa perutnya masih penuh..

Hari berikutnya semua merasakan sakit luar biasa karena si petugas buang kotoran tidak mau bekerja dan akhirnya manusia tidak bisa melakukan aktifitasnya. Manusia lemas karena tidak makan berhari-hari, mau makan tidak ada selera, mau bekerja tapi perut sakit sekali... seluruh tubuh jadi merasa panas. Kepala menjadi pusing yang diikuti dengan keluhan kesakitan dari organ lain yang menempel padanya.

Ternyata, semua berperan dalam menjadikan kehidupan manusia lebih baik. Termasuk organ yang dianggap hina sekalipun. Semua memiliki keistimewaan yang dengannya mereka menjadi berarti dan bernilai.

Sahabat, Anda semua adalah orang hebat ketika bisa menggali potensi dan mengoptimalkannya. Apapun background Anda, masa lalu Anda, pendidikan Anda, pekerjaan Anda, jangan pernah Anda kerdilkan.  Temukan nilai dan keistimewaan didalamnya, kemudia ajak berperan bagi kehidupan. Inilah yang akan menjadikannya bernilai besar dan berharga mahal.

Segera temukan Keunikan Anda, dan Hebatkan Diri Anda!

One comment on “Maksimalkan KeUnikanmu !!!
  1. nursiddik says:

    Bagus pak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *